Home » , » Meminimalisir Serangan Hacker Pada CMS Wordpress

Meminimalisir Serangan Hacker Pada CMS Wordpress

Written By Al Aloem on Saturday, October 19, 2013 | 2:00 AM

*Sponsored Link*

CipilBlog - Akhir-akhir ini sering terjadi serangan hacker pada sebuah website entah hacker tersebut cuman iseng atau untuk tujuan tertentu hal ini menjadikan banyak pemilik situs menjadi geram, apalagi kebanyakan situs yang meraka miliki berbasis opensource seperti Wordpress. Maka dari itu saya akan sedikit berbagi bagaimana cara Meminimalisir Serangan Hacker Pada CMS Wordpress, Berikut sedikit tips untuk menambah keamanan pada CMS Wordpress.

  1. Update CMSWordpress ke versi terbaru, Selalu upgrade ke versi wordpress yang terbaru, dimana versi terbaru merupakan versi perbaikan dari versi sebelumnya, baik itu dari sisi fitur maupun keamanan scriptnya. Upgrade bisa dilakukan dengan cara otomatis melalui halaman dashboard maupun dnegan cara manual
  2. Hapuskan plugin yang tidak digunakan dan apabila ada plugin versi terbaru maka upgradelah plugin anda ke versi yang terbaru
  3. Jangan menggunakan “admin” sebagai username, dengan mengunakan "admin" sebagai username maka akan memudahkan hacker untuk meraba-raba situs anda.
  4. Gunakan password yang kuat, Banyak orang menggunakan password yang sangat lemah sehingga bisa menjadi celah untuk bisa di tembus menggunakan brute force attack yang modern. Oleh karena itu pastikan selalu gunakan password yang kuat, misalnya dengan kombinasi huruf ,angka dan simbol dengan jumlah digit yg tidak terlalu pendek.
  5. Gunakan FTP password saat akan mengupload file-file anda ke hosting, hal ini akan menjadikan website anda semakin kuat, pasalnya biasanya sang Ataccker/hacker akan mengupload backdoor pada website anda agar mereka bisa masuk ke website sesuka mereka.
    Proteksi FTP password saat akan mengupload di wordpress
  6. CHMOD wp-config ke mode notwriteable, hal ini dilakukan agar sang Attacker tidak bisa melihat configurasi pada wp-config, kebanyakan para Attacker menggunakan metode Jumping untuk melihat config pada suatu website dan melancarkan aksi mereka. untuk merubah wp-config ke mode notwriteable anda perlu masuk ke cpanel anda 
  7.  Gunakan Plugin Wordfence Security untuk menambaha keamanan website anda.
Mungin Cukup sekian Artikel Mengenai Meminimalisir Serangan Hacker Pada CMS Wordpress semoga denagan tips diatas akan menambah keamanan pada website Anda.

Baca Juga Artikel menarik lainnya Data Medis Jadi Target Hacker di Tahun 2013

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus