Home » » 10 obat alami untuk mengatasi Flu

10 obat alami untuk mengatasi Flu

Written By Unknown on Wednesday, May 9, 2012 | 8:00 PM

*Sponsored Link*

Flu merupakan penyakit yang tidak asing bagi kita, sangking populernya penyakit ini, flu bisa menyerang siapa saja baik anak-anak, balita hingga orang dewasa, namun meski demikian penyakit flu ini sudah banyak obatnya seperti parasetamol dan sebagainya. Tapi terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan tidaklah baik untuk tubuh kita, terus apa donk solusinya? tidak ada yang lebih baik selain obat yang alami dan mencegah lebih baik daripada mengobati,
dibawah ini ada obat alternatif untuk mengobati penyakit Flu.

1. Jeruk Nipis
Di antara obat alami yang umum digunakan untuk flu biasa, jeruk nipis adalah yang paling penting. Jus obat dibuat dengan mengencerkan jeruk nipis dalam segelas air hangat, kemudian ditambahan satu sendok teh madu. Ini adalah obat ideal untuk batuk kering dan basah.

2. Jahe
Potong jahe menjadi potongan-potongan kecil, kemudian rebus dalam secangkir air. Saring larutannya dan tambahkan setengah sendok teh gula. Minum selagi hangat. Larutan jahe ini kerkhasiat untuk mengobati flu.

3. Kunyit
Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit segar ke dalam 30-35 gram susu dan minuman hangat lainnya. Campuran ini berguna untuk meringankan gejala flu dengan cepat.



4. Sup ayam hangat dengan rempah bawang putih dan bawang merah dan segala minuman hangat (misalnya coklat panas atau teh hijau hangat) dapat meringankan gangguan saluran pernafasan.

5. Madu, sangat baik untuk meredakan batuk, selain memiliki nilai gizi tinggi yang dibutuhkan tubuh agar cepat pulih. Tahukah anda, bahwa obat batuk banyak yang berbahan dasar madu?

6. Berkumur dengan air garam untuk mencegah masalah pada tenggorokan.

7. Jus Air Limun (Lemonade)
Untuk membuatnya, cuci lemon dan kupas kulitnya, buang lapisan bagian putih dan bijinya. Masukkan sarinya dalam panci dengan setengah air dan gula. Didihkan hingga gula larut. Tutup panci dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Dinginkan, kemudian saring campuran, tambahkan lemon yang sudah dibersihkan sebelumnya. Minum tanpa bahan tambahan apapun lagi.

8. Mandi air panas dianjurkan karena meningkatkan kondisi dada pasien dan mengurangi hidung tersumbat.



9. Bantalan kompres hangat sangat baik untuk dada dan kepala pada saat flu. Jaga agar saat istirahat (tidur) badan tidak kedinginan, selimut katun yang hangat baik untuk mengeluarkan keringat yang akan mempercepat proses penyembuhan. Balut juga telapak kaki dengan kaus kaki, dan apabila harus masuk kantor, balut leher dengan syal. Bagian-bagian ini diusahakan agar tetap dalam kondisi hangat agar mempercepat proses penyembuhan.

10. Menghirup uap hangat juga meringankan hidung tersumbat


sumber erabaru.net

1 komentar:

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus