Home » , » Sejarah Singkat Tentang Internet

Sejarah Singkat Tentang Internet

Written By Unknown on Sunday, December 2, 2012 | 7:18 AM

*Sponsored Link*

Cipil Blog - Aneh rasanya jika kita setiap hari menggunakan fasilitas internet tetapi tidak tahu tenteng sejarah dan asalmula internet didunia ini, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit ulasan tentang sejarah internet didunia.
 
Sejarah

Internet berawal dari teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi

Pada jaman dahulu kala, jaringan komputer dimanfaatkan oleh militer Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika parno bener jika negaranya diserang, maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.

Setelah angkatan bersenjata Amrik, dunia pendidikan merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini.

Agar para pengguna komputer dengan merek, tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para sesepuh membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya ( Protokol Pengendali Transmisi ) dan IP (Internet Protocol).

Asal muasal www ( World Wide Web )

Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web
( www ) , yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi.

Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.

@sumber : http://www.eocommunity.com

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus