Home » » Perbedaan Internet dan World Wide Web

Perbedaan Internet dan World Wide Web

Written By Al Aloem on Monday, December 3, 2012 | 8:43 PM

*Sponsored Link*

Cipil Blog -  sudah tahukan sobat ternyata internet dan word wide web  berbeda lho untuk lebih jelasnya silahkan baca lebih lanjut ulasan berikut ini.
Internet” dan “World Wide Web” merupakan istilah yang sering digunakan, apalagi sejak internet menjadi salah satu fasilitas penting yang ada dalam sebuah rumah. Penggunaan kata-kata “surfing web” atau “menjelajah internet” juga sudah sangat umum digunakan, sebagian besar pengguna internet bahkan menganggap 2 istilah ini memiliki arti yang sama.
Apakah kamu salah satu pengguna kedua istilah diatas? Sebenarnya, kedua istilah tersebut memiliki arti yang benar-benar berbeda. Istilah ini pertama kali digunakan saat teknologi internet muncul dan memang kedua istilah di atas rasanya memiliki arti yang sama. Namun istilah “internet” merupakan hal yang jauh berbeda dari “World Wide Web”.
Istilah Internet mewakili hardware pada sebuah jaringan, infrastruktur yang beroperasi dan berbagai protokol yang berjalan. Sedangkan World Wide Web adalah software jaringan. Sebuah jaringan aplikasi dan protokol yang memungkinkan segalanya berkomunikasi. Secara harafiah, sebuah jaringan hubungan tidak hanya antara Internet access point, tapi juga antara jutaan, hingga milyaran link individual yang membentuk sebuah jaringan yang terus berkembang.

Internet vs. World Wide Web

Menurut Reader’s Digest, Internet adalah sebuah infrastruktur dengan pondasi awal pada tahun 1969 dan merupakan sebuah upaya Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam sebuah riset  untuk menciptakan jaringan komunikasi tingkat lanjut jika terjadi perang, yang disebut dengan Advanced Research Project Agency. Jaringan ini menghubungkan beberapa universitas yang mengerjakan rancangan pertahanan dengan berbagai departemen pemerintahan dan pertahanan. Akhirnya, “ARPAnet” bertumbuh, dan  berubah menjadi sebuah sistem yang kita kenal sekarang dengan istilah “Internet”.
Sedangkan World Wide Web adalah “otak” dari keseluruhan sistem ini. Bukan hardware dan berbagai infrastruktur yang digunakan, melainkan software yang diinstall ke dalam berbagai server dan komputer tersebut. Hal ini termasuk browser internet dan software lain yang dapat melakukan komunikasi melalui TCP/ IP Protocol dan segala yang digunakan internet untuk “berbicara”.

Diagram Internet

Sekarang ini, bukan hanya browser dan komputer, kamu bisa terhubung dengan internet menggunakan berbagai perangkat seperti tablet, smartphone, game konsol, hingga televisi dan kamera digital, asalkan perangkat tersebut dapat terhubung dengan access point.
Jadi, bagaimana cara kerjanya? Kamu bisa dengan mudah menggunakan perangkat seperti tablet atau laptop, membuka browser web dan memasukkan alamat www.namasitus.com, kemudian informasi akan diminta ke World Wide Web (jaringan koneksi dan informasi berbasis software). Arus informasi ketika kamu menekan tombol “Enter” kira- kira seperti berikut :

Request yang kamu berikan akan melalui router, kemudian menuju ISP (Internet Service Provider). Traffic untuk URL tersebut akan ditentukan berdasarkan konfigurasi DNS pada area kamu. Setiap domain yang ada akan terdaftar dalam server DNS di seluruh dunia. Tujuan utama server ini adalah untuk memberikan IP address dimana informasi (halaman web) tersebut disimpan. Server DNS kemudian kembali membawa informasi IP, sehingga ISP mengetahui tempat untuk “mengambil” halaman web yang kamu minta.
Akhirnya, permintaan informasi yang kamu kirimkan akan sampai pada sebuah komputer remote – dalam hal ini sebuah server web – yang nantinya menyediakan permintaan kamu, sebuah halaman web. Seluruh proses pengiriman informasi ini berlangsung hampir seketika.

Bagaimana World Wide Web Terbentuk

Nah, diatas adalah penjelasan cara kerja internet  yang hanya merupakan bagian luar dari World Wide Web. WWW tidak terbatas pada struktur atau bagaimana sebuah jaringan dijalankan. “WEB” berarti jaringan tautan, koneksi online ke halaman web, file, musik, media, video, download dan seluruh hal yang disimpan dalam sebuah server yang terhubung dengan network yang kita kenal dengan istilah “Internet

Bayangkan jika setiap halaman web yang tersimpan di server adalah sebuah simpul yang memiliki banyak tautan dan terhubung ke simpul lainnya di dalam sebuah jaringan yang sangat luas. Setiap tautan memiliki sebuah informasi, teks, media dan lain sebagainya yang terhubung ke Internet. Perhubungan setiap tautan ini disebut dengan World Wide Web. Secara spesifik, jaringan tautan yang saling terhubung secara online hingga membentuk semacam labirin yang sangat luas dan terus berkembang.

Secara singkat, Internet mewakili infrastruktur dan hardware. Sedangkan “World Wide Web” adalah jaringan tautan software yang menghubungkan berbagai informasi yang tersedia di dalam jaringan luas tersebut.

@sumber : www.jalantikus.com

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus