Home » » Perbedaan USB 2.0 dan 3.0

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0

Written By Al Aloem on Thursday, November 22, 2012 | 10:25 AM

*Sponsored Link*

CipilBlog-pada postingan kali ini saya akan akan sedit memberikan perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0  mungkin sebenarnya sobat sudah pernah melihatnya namun tidak tahu kalau USB yang sobat lihat itu versi 2.0 atau 3.0 karena memang cukup sulit untuk membedakannya dengan kasat mata. Berikut beberapa perbedaannya

1.Transfer Speed
USB 3.0 mempunyai kinerja yang lebih baik dalam hal kecepatan baca data dan transfer – terima file. Seringkali anda akan menemukan kata ‘Super Speed‘ atau SS yang memiliki kemampuan baca data komputer dan file hingga 5GB / detik!
Kecepatan transfer file komputer USB 3.0 mencapai 6 – 10x diatas kecepatan transfer file USB 2.0 atau setara dengan kemampuan PCIe. Teknologi USB 3.0 menggunakan sistem komunikasi 2 edar bawah yang mampu menerima data dan mengirim data secara bersamaan dan simultan. Teknologi bi-directional ini belum terdapat pada USB 2.0 sebelumnya.
Untuk mengetahui seberapa besar kapasitas transmisi data yang dapat dikerjakan pada USB dapat diketahui melalui informasi label pada USB tersebut. Informasi ini umumnya terdapat pada kemasan produk maupun fisik USB yang bersangkutan:
  • SUPER SPEED (SS) kemampuan transfer baca – terima data komputer  memiliki frekuensi clock 4,8 GB / detik.
  • HIGH SPEED  kemampuan transfer baca – terima data memiliki frekuensi clock 480 MB / detik dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm. Teknologi ini digunakan oleh USB 2.0 sejak tahun 2000.
  • FULL SPEED DATA memiliki kecepatan transfer dan baca datv dengan frekuensi clock 12 MB/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm. Teknologi ini mulai digunakan pada USB 1.1 pada tahun 1998.
  • LOW SPEED DATA memiliki kecepatan transfer dan baca data dengan frekuensi clock 1.5 MB / detik dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm. Teknologi ini pertama kali digunakan pada generasi pertama USB 1.0 pada tahun 1996.
2.Power Management
Penggunaan arus yang dibutuhkan oleh USB 3.0 pada komputer lebih rendah dibandingkan USB 2.0 yang menggunakan daya 4,4 volt. Pada USB 3.0 hanya menggunakan 4 Volt dengan peningkatan arus menjadi 150mA.
Energi yang dibutuhkan oleh USB 3.0 lebih hemat dengan kinerja yang lebih baik, selain itu juga memungkinkan untuk memakai 4 hingga 6 perangkat secara bersamaan tanpa mengurangi kecepatan transfer.
3.Teknologi NRDY dan ERDY
Penambahan teknologi NRDY dan ERDY berfungsi sebagai penambahan bus yang dimaksimalkan sehingga komputer dapat memberikan tanda kepada host meskipun secara tak bersamaan tanpa adanya notifikasi lagi.
4.Peningkatan Kecepatan Transfer Data
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kecepatan baca dan transfer data pada USB 3.0 mencapai 5GB / detik atau setara 6 – 10x lebih cepat dibandingkan USB 2.0 yang hanya hanya memiliki kemampuan transmisi data sekitar 480MB / detik dengan penggunaan konsumsi daya yang lebih besar dibandingkan USB 3.0
@sumber : http://ariutomo.blogspot.com

4 komentar:

  1. Nice info gan, kunjungi balik blog saya ya di:

    http://top-ilmu.blogspot.com/2012/11/perbedaan-usb-10-20-dan-30.html

    thx. :)

    ReplyDelete
  2. gan kalo misalkan hardisk dengan usb 3.0.
    tapi komputer saya masih usb 2.0 .
    bisa gak gan ?
    apa mungkin kekurangannya hanya pada kecepatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gan ane kurang paham dengan pertanyaan agan :D

      Delete

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus