Home » » Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh

Written By Al Aloem on Saturday, September 1, 2012 | 2:47 PM

*Sponsored Link*

Siapa yang sudah pernah mendonorkan darahnya? hmmm kebanyakan orang berspekulasi kalau donor darah itu tidak ada manfaatnya dan tidak jarang banyak yang mengatakan " Darah-darah gue masa mo di sumbangin gitu aja, kalo dapet duit ane mau! " wau cukup fantastis ya ....!! padahal donor darah banyak manfaatnya lho, diantaranya adalah untuk kebugaran tubuh. Siapa sih yang ndak mau sehat :D berikut ada beberapa manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh kita

  • Mengurangi resiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar zat besi di dalam tubuh, akan memicu timbulnya penyakit jantung. Zat besi terlibat di dalam proses pembakaran kolesterol, dan ini bisa menggangu fungsi pembuluh arteri. Melakukan donor darah akan mengurangi akumulasi zat besi dalam tubuh. Ini secara tidak langsung akan membuat tubuh anda lebih sehat dan bugar. Jika anda rutin melakukannya, donor darah bisa mengurangi resiko panyakit jantung hingga 30%.

  • Meningkatkan produksi sell darah merah
Melalui proses donor darah, sel darah merah akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk mengganti sel darah merah yang telah dikeluarkan tersebut, tubuh akan memproduksi sel darah merah baru. Ini membuat darah di dalam tubuh anda lebih segar, dan anda akan merasa lebih bugar. Lakukan proses ini hingga beberapa kali dan rasakan manfaatnya.

  • Melawan hemochromatosis
hemochromatosis adalah penyakit genetis, merupakan kondisi di mana zat besi dalam tubuh berada dalam level sanagt tinggi akibat metabolisme yang tidak wajar. Kelebihan zat besi sedikit saja bisa mempengaruhi fungsi tubuh, apalagi kelebihan dalam jumlah sangat besar. Ini bisa menimbulkan kerusakan fatal pada organ-organ tubuh. Kondisi ini memang jarang terjadi pada, namun penderita bisa mengurangi dampak dari penyakit ini dengan rutin melakukan donor darah. Walaupun penyakit ini berbahaya pagi penderita, namun tidak bagi penerima darahnya.

  • Membakar kalori dalam tubuh
Donor darah bisa menjadi media untuk menurunkan berat badan. Tahukah anda bahwa dengan mendonorkan 450ml darah kita, bisa membakar hingga 650 kalori dalam tubuh?

  • Mendapatkan kesehatan psikologis
Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada sahabat kita yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

  • Mendeteksi penyakit serius

Tiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa terlebih dahulu sehingga kita bisa mengetahui apakah kita memiliki penyakit serius atau tidak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria. Bagi yang menerima darah, ini adalah informasi penting agar tidak tertular penyakit serius tersebut. Sedangkan untuk si pendonor, ini adalah RAMBU PERINGATAN agar kita lebih mencintai tubuh kita sendiri

Namun tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya karena sebab-sebab tertentu, berikut syarat-syarat untuk orang yang akan mendonorkan darahnya.

SYARAT – SYARAT PENDONOR DARAH

1. Umur antara 17 – 60 tahun ( diatas 60 tahun atas pertimbangan dokter )

2. Mempunyai berat badan minimal 45 kg

3. Kadar hemogoblin minimal 12,5g/dl

4. Tekanan darah sistolik 100 – 180 mmHg dan diastolik 50 – 100 mmHg

5. Bagi penyumbang darah wanita: tidak sedang haid, hamil atau menyusui

6. Tidak menderita penyakit jantung, hati, paru, ginjal, kencing manis, pendarahan, kejang, kanker, atau penyakit kulit kronis


@dikutip dari berbagai sumber


1 komentar:

  1. Donor darah menyehatkan kita dan menyehatkan orang lain

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus