Home » » Manfaatnya Puasa Unuk Kesehatan

Manfaatnya Puasa Unuk Kesehatan

Written By Al Aloem on Thursday, July 12, 2012 | 9:48 PM

*Sponsored Link*

Bagaimana kabarnya sobat, semoga baik-baik saja ndak terasa nih seminggu lagi kita akan memasuki bulan puasa maka dari itu kali ini saya mau share dikit mengenai puasa : ) . Islam sangat menganjurkan umatnya untuk berpusa, selain untuk menambah keimaan ternyata puasa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut segudang manfaat puasa untuk kesehatan tubuh


  • Detoksifikasi Manfaat utama dari berpuasa adalah detoksifikasi tubuh. Sebab berpuasa membuat fisiologis tubuh beristirahat, terutama bagian pencernaan. Fase istirahat itu pun menyebabkan tubuh bisa kembali fokus untuk penyembuhan, memperkuat, dan memperbaiki organ internal. Selama berpuasa, tubuh Anda akan membersihkan diri dari racun yang terakumulasi di dalam sel.
  • Sinyal urine Saat berpuasa, Anda bisa memperhatikan warna urine yang semula tampak jernih, kemudian kekuningan, lantas jernih kembali. Sinyal tersebut merupakan tanda bahwa tubuh sedang membersihkan racun, sehingga setelah berpuasa racun tersebut telah hilang.
  • Sistem ulang Manfaat lain dari berpuasa adalah bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Puasa bisa mengatur ulang sistem pencernaan dan mengubah kebiasaan ngemil Anda. Saat berpuasa, Anda membuat pankreas beristirahat dalam memproduksi insulin, yang biasanya dibutuhkan untuk mencerna makanan di dalam tubuh.
  •  Menurut dr Siti Setiati, SpPD, spesialis penyakit dalam dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indoenesia (FKUI), dengan berpuasa, jumlah kalori makanan akan berkurang.mumnya akan terjadi pengurangan jumlah kalori yang diasup hingga 10-40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Hasil penelitian pada binatang menunjukkan, dengan mengurangi jumlah kalori, ternyata dapat memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan risiko kanker, serta mencegah berkembangnya penyakit, seperti diabetes dan ginjal. "Penelitian pada manusia juga sudah ada. Hasilnya, komposisi lemak tubuh berkurang, tekanan darah membaik, kolesterol turun, risiko diabetes berkurang, dan dapat memperlambat proses penuaan," katanya.

  •  DR dr Ari Fahrial Syam, SpPD, ahli kesehatan pencernaan dari RSUPN Cipto Mangungkusumo, mengatakan, proses puasa yang dijalankan idealnya bukanlah yang bersifat "balas dendam", yakni membalaskan atau makan semaunya di luar jam puasa. Sebab, dalam proses berpuasa, pada dasarnya harus ada penurunan berat badan. Menurut Ari, puasa dapat diistilahkan seperti konsep alternate day fasting, di mana dalam satu hari setengah makan, setengah berpuasa. Tujuan di situ adalah pengurangan asupan kalori. "Biasanya penurunan berat badan sekitar 5 persen," katanya. Ari menegaskan, jika seseorang mengalami penurunan berat badan, akan diikuti dengan penurunan kalori, kolesterol, lemak, radikal bebas, dan peningkatan antioksidan. Saat berpuasa, ada baiknya mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak antioksidan. Pasalnya, dengan banyak makan sayur dan buah, sebenarnya di dalam usus telah terjadi penyerapan kolesterol dan pengurangan gula oleh serat-serat. "Prinsipnya, kalau kita berpuasa, tubuh tetap memproduksi gula dan lemak dihancurkan. Dengan lemak dihancurkan, otomatis timbunan-timbunan yang tidak perlu jadi berkurang. Efeknya penurunan berat badan," katanya.
  • Dengan berpuasa, memberi waktu bagi tubuh dan sistem pencernaan untuk beristirahat. Dengan begitu, organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung serta usus bisa bekerja lebih baik dan maksimal ketika Anda mulai mengonsumsi makanan lagi.
  • Puasa juga membantu meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan, adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.
  •  Puasa bisa mengatasi tekanan darah tinggi tanpa pengobatan medis. Selain itu juga menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal.
  • Pengurangan konsumsi air selama puasa, bisa membantu mengatasi akumulasi cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses 'pengeringan' ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami saat seseorang mengalami menstruasi.
  • Manfaat lain Secara umum, para ahli kesehatan menyebutkan berbagai manfaat dari puasa. Manfaat tersebut diantaranya memperbaiki kualitas tidur, sistem pencernaan, meningkatkan energi, kemampuan mental, menghilangkan rasa cemas, mengurangi kadar racun, menyehatkan kulit, menurunkan tekanan darah, berat badan, menjauhkan diri dari sakit kepala, nyeri otot, baik bagi kualitas gigi dan gusi, kesehatan kardiovaskular, meningkatkan sistem imun, dan menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit lainnya.

Tentu masih banyak lagi, jutaan manfaat dari berpuasa yang bisa dilihat dari berbagai aspek, medis, sosial, dll. dan tentunya mengharap ridho dari Allah SWT.

Selamat menunaikan Ibadah Pusa dan Tentunya saya selaku admin blog ini meminta maaf kepada semuanya jika pada hari raya nanti tidak sempat meminta maaf kepada kalian semua ( iyalah ndak sempat orang ndak tahu rumah sobat semua heheh :D )
@dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus