Home » » Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer Beresiko Terkena Berbagai Penyakit

Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer Beresiko Terkena Berbagai Penyakit

Written By Unknown on Monday, March 5, 2012 | 5:17 PM

*Sponsored Link*

Tanpa kita sadari kita hampir setiap hari duduk di depan komputer/laptop dan hampir 7 jam lebih terutama bagi orang yang bekerja dikantor atau memang dia diharuskan bekerja dihadapan komputer berjam-jam( seperti saya ini) hehehe, dan ternyata kita beresiko terkena berbagai penyakit Sebuah penelitian telah menemukan orang-orang yang bekerja selama lebih dari satu dekade di depan komputer dua kali lebih besar terkena kanker usus. Tapi bukan hanya itu resiko yang diakibatkan sepanjang hari di depan komputer.

Para ilmuwan telah mengatakan pekerjaan di depan komputer sama berbahayanya dengan mereka para PEROKOK dan inilah 10 resiko terlalu lama duduk di depan komputer



1. Kanker Usus

sepuluh tahun di depan PC hampir dua kali lipat resiko kanker usus bahkan jika Anda pergi ke gym. Sebuah studi oleh University of Western Australia menemukan bahwa salah satu faktor utama adalah tidak aktifnya kita dalam jangka waktu yang lama. Dr Claire Knight, dari Cancer Research UK, mengatakan: "Semakin aktif kita semakin kita dapat membantu mengurangi resiko."

2. Serangan jantung
Ahli jantung percaya, jumlah waktu yang dihabiskan orang menatap layar memiliki hubungan langsung dengan kesehatan jantung. Mereka yang bekerja 11 jam sehari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebesar 67 persen, kata peneliti di University College London.

3. Kerusakan Mata
Monitor mengeluarkan radiasi yang berbahaya bafgi mata kita, biasanya diawali mata pedih dan lama kelamaan pandangan mata menjadi kabur.

4.Penggumpalan darah
Studi menunjukkan, Duduk terlalu lama didepan komputer membuat resiko terkena Trombosis Vena Dalam atau deep vein thrombosis lebih besar.

5. Gemuk
Para ahli di Australia menemukan, Mereka yang duduk untuk waktu yang lama memiliki lingkar pinggang lebih besar dan lebih tinggi tingkat kolesterol jahat. Peneliti utama Dr Genevieve Healy, dari University of Queensland, mengatakan: "Bahkan pergerakan yang kecil, seperti berdiri selama satu menit, dapat membantu untuk menurunkan resiko ini."

6. Sakit punggung
Terlalu lama membungkuk di komputer, membuat anda lebih riskan terkena resiko ini.

7. Sakit Kepala
pencahayaan fluorescent tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, yang bisa menyebabkan sakit kepala dan ketegangan mata. Menatap layar komputer menyebabkan masalah serupa.

8. Demensia / Penurunan Daya Ingat
Kerja didepan komputer dari pagi hingga sore telah dihubungkan dengan demensia. karyawan yang bekerja lebih dari 55 jam seminggu memiliki daya ingat lebih rendah dibandingkan dengan kurang dari 41 jam.

9. Radiasi Listrik
Banyak Peralatan Kantor yang menggunakan listrik. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika para pekerja merasa gatal itu adalah efek debit listrik.

10. Bahaya Keyboard
Studi menunjukkan, Keyboard komputer merupakan tempat banyak bakteri yang lebih berbahaya dari toilet. Ahli Mikrobiologi, Dr Peter Wilson mengatakan keyboard sering kontak langsung dengan hidung dan saluran pencernaan Anda

Namun meski begitu kita bisa menghindari resiko-resiko diatas dengan rutin melakukan refresing/sekedar menghirup udara segar dan merenggangkan otot-otot yang kaku di sekitar pelataran rumah setiap 20 menit sekali dan tentunya tetap menggunakan standar kesehatan dan keselamatanatn kerja (K3) dalam berkerja.

@sumber

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus