Home » » Berbagai Manfaat yang terdapat dalam Jambu Biji

Berbagai Manfaat yang terdapat dalam Jambu Biji

Written By Anonymous on Thursday, December 29, 2011 | 12:53 PM

*Sponsored Link*




mumpung pas lagi musim jambu biji posting tentang jambu biji ah......... 
kalo pingin jambu tinggal metik di pekarangan rumah ( mantap gan ) ternyata selain enak rasanya jambu biji juga banyak manfaatnya lho...! baca terus ya gan.......

Buah yang berasal dari brazil ini ternyata mempunyai manfaat besar bagi tubuh. Tidak hanya sepak bolanya yang terkenal, melainkan buah yang berasal dari negara sepak bola ini juga terkenal di seluruh dunia. Siapa yang tidak tahu tentang buah tersebut. Buah yang segar dan enak ini ternyata memiliki khasiat tersendiri dalam tubuh.

Buah yang mengandung vitamin C cukup besar tersebut memberikan kesehatan bagi tubuh kita. Umumya buah ini digunakan sebagai obat trdisional dikalangan nenek moyang kita. Jus jambu biji “bangkok” juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue. Apa salahnya jika kita menggunakan obat tradisional kembali untuk kesehatan kita. Selain murah buah ini juga mudah di dapatkan di pekarangan rumah.
Selain itu masih ada manfaat lain yang bersumber dari buah ini. Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging jambu biji yang merah mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji sangat cocok sekali dikonsumsi di siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan.
Dari hasil penelitian pula disebutkan jambu kelutuk khususnya yang berwarna merah mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi yakni sekltar 3,1 mg/100 g dibandingkan dengan jambu klutuk yang berwarna putih. Vitamin lain yang terkandung adalah vitamin B-tiamina (B1), riboflavin (B2), asid nikotinik dan asid pantotenik.
beberapa manfaat jambu biji adalah sebagai berikut :
Obat diare
Jambu biji ini mengandung zat alkaline alami, desinfektan dan anti bakteri sehingga membantu dalam penyembuhan diare dan disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba dan mengurangi produksi lendir yang berlebih dari usus. Selanjutnya dengan kandungan lain dalam jambu biji seperti vitamin C dan Potassium Carotenoids akan membantu memperkuat system pencernaan dalam mengatasi bakteri tersebut.

Obat batuk dan pilek
Dengan menjus jambu biji yang masih muda bermanfaat untuk mengatasi batuk dan pilek, mengurangi lendir, melonggarkan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru. Vitamin C dosis tinggi yang terkandung dalam jambu biji tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi yang menyebabkan sakit flu, batuk dan demam.

Perawatan kecantikan kulit
Kandungan zat yang terkandung dalam jambu biji dapat membantu mengencangkan otot kulit yang sudah kendur, menjadikan kulit tetap segar, bebas dari noda, keriput dan penyakit kulit lainnya. Caranya dengan mengkonsusmi langsung jambu biji yang setengah matang. Bisa juga menggunakan daun atau kulit jambu biji dengan cara mencuci daun jambu biji lalu direbus dan setelah air hasil rebusan dingin maka dapat diminum.

Manfaat lain dari jambu biji untuk kesehatan diantaranya menurunkan berat badan, obat diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi resiko kanker, gusi yang bengkak dan tanggal gigi, sebagai obat luar penyembuh luka, kejang-kejang, epilepsi, infeksi bakteri dan sembelit. 

@ dikutip dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. buah favorit nih,
    cz selain enak dan banyak manfaatnya.
    mudah didapetkan juga

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus