Home » » Apa sih Hardisk itu ?

Apa sih Hardisk itu ?

Written By Unknown on Sunday, September 1, 2013 | 12:47 PM

*Sponsored Link*



CipilBlog-Fungsi dari sebuah hardisk adalah melakukan penyimpanan data yang Anda miliki. Semua yang Anda simpan di komputer ada di dalam sebuah hardisk. Bukan hanya dokumen, tapi juga gambar, musik, dan video. 

Program-program komputer, preferensi situs-situs favorit, bahkan sistem operasi Anda -- semuanya disimpan dalam hard disk komputer.

Jadi, jika hard disk rusak, maka Anda dapat kehilangan semuanya. Itu adalah hal yang sangat menyedihkan. Dan itulah alasan kenapa sebagian besar orang memiliki sebuah sistem cadangan (back-up). Mereka memiliki hardisk lain dan menyalin semua file penting mereka ke dalam hardisk tersebut.


Semua data yang dapat disimpan di hard disk diukur berdasarkan besar dokumennya. Kapasitas data yang dibutuhkan oleh dokumen teks sangat kecil, sedangkan gambar lebih besar, musik bahkan lebih besar lagi, dan video lah yang terbesar dari semuanya.

Menurut pemain di industri storage, Seagate, hard disk itu seperti sebuah timbangan. Ia tidak mengetahui perbedaan jenis setiap benda yang ada di atasnya, hanya ukurannya saja yang bisa ia bedakan. 

Namun bukan dalam kilogram atau ons, sebuah hard disk mengukur benda berdasarkan skala megabyte (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB).

Secara garis besar, 1 megabyte sama dengan 1 juta byte, 1 gigabyte sama dengan 1 miliar byte, dan 1 terabyte sama dengan 1 triliun byte.

Jadi, apa artinya ini untuk Anda?

Jika Anda perlu memindahkan file antar komputer atau hard disk dengan tujuan untuk mencadangkan beberapa file saja, Anda dapat melakukan ini dengan hard disk yang berkapasitas lebih kecil --misalnya, seperti hard disk eksternal 500 GB.

Jika Anda ingin mencadangkan seluruh isi komputer Anda, atau bahkan beberapa komputer sekaligus, atau jika Anda menyimpan banyak file video atau audio, Anda mungkin menginginkan hard disk dengan kapasitas yang lebih besar -- seperti hard disk desktop backup plus 1 TB atau lebih besar.

sumber: detik.com

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yg sopan, dan sesuai dengan postingan, komentar aneh-aneh akan dihapus